Jelang hari raya Idul Adha, pastikan persiapan untuk bakar sate di rumah tersedia. Kehadiran sate di momen Idul Adha selalu jadi menu andalan keluarga untuk olahan daging kurban. Anda bisa mengolah sate daging kambing atau sapi sesuai dengan selera.

Selain alat, yang tak boleh ketinggalan untuk membuat sate yakni bumbu. Bumbu yang perlu disiapkan untuk mengolah sate kambing atau sapi antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, garam dan merica bubuk. Perlu diingat, sebelum dibakar, daging kambing atau sapi sebaiknya tidak dicuci dengan air.

Hal ini dapat membuat daging terkontaminasi bakteri dari air. 57 Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Barakallah Fii Umrik untuk Semua Orang, Ada untuk Kekasih! Serambinews.com Temuin Pj Wali Kota Bekasi, Anggota DPR RI Nur Azizah Tamhid Bahas Maslaah Banjir hingga Kemiskinan

Pencairan Dana Desa dan BLT 2023 Semua Gampong di Langsa Tuntas, Pj Wali Kota Berikan Apresiasi Alat Wajib untuk Persiapan Membuat Sate Kambing di Momen Idul Adha Bersama Keluarga Safiatuddin, Perempuan Cantik dari Aceh yang Gemparkan Dunia Melayu Serambinews.com

Top 3 Pontianak Hari Ini: Ani Sofian Jabat Pj Wali Kota, Wako Edi Kamtono Resmikan MPP Cara Membuat Bumbu Sate Kambing untuk Momen Idul Adha, dari Bumbu Kacang hingga Bumbu Kecap Dampak Boikot Produk Pro Israel, CEO Starbucks Minta Masyarakat Berhenti Demo Kedai Kopinya Halaman all

Sebaliknya cuci daging menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon, selain menghilangkan bau prengus hal ini bisa membuat daging lebih empuk. Apa saja sih alat alat yang perlu disiapkan untuk membuat bakaran sate di rumah? Alat pertama yakni pemanggang.

Jika tak mau terlalu ribet, Anda bisa menggunakan karena bisa menggunakan api kompor gas. Namun untuk momen kumpul bersama keluarga biasanya lebih seru jika menggunakan alat panggang manual. Tips bagi Anda yang hendak membeli panggangan, sebaiknya pilih yang agak tinggi atau cekung agar dapat memuat arang yang lebih banyak.

Supaya sate yang dipanggang tidak gosong, jangan lupa mengatur jarak antara panggang dan api jangan terlalu dekat. Apabila jumlah sate yang hendak dipanggang banyak, leboh baik pilih panggangan yang panjang agar cepat matang. Saat musim kurban, permintaan arang semakin bertambah.

Hal ini membuat ketersediaan arang menipis di pasaran. Namun, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan . Arang briket merupakan arang yang terbuat dari batok kelapa.

Keunggulan arang briket yakni tidak berasap dan panasnya lebih awet. Penggunaan arang briket juga membuat rasa bakaran semakin sedap dengan aroma arang yang khas. Arang briket bisa Anda dapatkan secara online di Tokopedia dengan harga yang beragam mulai dari Rp5 ribuan saja.

Selanjutnya ada tusuk sate, biasanya benda ini terbuat dari bambu. Sesuai dengan namanya, tusuk sate berfungsi sebagai alat untuk menusuk daging hingga berbentuk memanjang. Biasanya, tusuk sate untuk daging kambing yang dijual di pasaran memiliki ciri khsusus.

Ciri khas tusuk sate kambing yakni bilah bambu yang agak lebar dengan ujung sangat runcing. Jenis tusuk sate yang seperti ini lebih tahan panas dan cocok untuk mengiris irisan daging yang tebal. Tips agar tusuk sate tak mudah hangus saat diibakar yaitu, rendam terlebih dahulu tusuk sate dengan air agar kotorannya larut.

Keempat ada atau cleaver knife. Cleaver knife adalah jenis pisau yang sering ditemukan di toko daging. Pisau ini berbentuk kotak dan berukuran besar.

Fungsi pisau ini tak lain untuk memotong berbagai jenis tulang, mulai dari yang kecil hingga keras. Banyak juga yang menyebut pisau ini sebagai Chinese knife karena sering terdapat pada peralatan masak para juru masak dari China. Kemudian ada kipas yang berfungsi untuk menjaga kestabilan api arang.

Biasanya yang digunakan yakni kipas bambu yang banyak dikenal dengan sebutan kipas sate. Pilihlah kipas yang berukuran agak lebar dengan pegangan yang kuat agar menghasilkan angin yang stabil. Namun jika ingin lebih praktis dan hemat tenaga bisa menggunakan kipas listrik.

Terakhir ada penjepit untuk memanggang daging di atas bara api. Pilihlah penjepit yang punya gigi di ujungnya agar kuat 'menggigit’ bahan yang sedang di bakar, tanpa khawatir terjatuh. Yang penting, pilih penjepit dengan pegangan plastik, kayu atau silikon sehingga tidak mudah panas saat digunakan untuk memanggang.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *